Sabtu, 24 Februari 2024

Breaking News

  • Kejari Jayawijaya Berhasil Eksekusi Terpidana Henry Kusnohardjo Perkara Korupsi Jaringan Listrik Kabel   ●   
  • Langkah SSDM Polri Pulihkan Psikologi Anggota Operasi Damai Cartenz   ●   
  • JAM-Pidum Menerima Pelimpahan Berkas Perkara (Tahap I) TPPU Atas Nama Tersangka ARPG   ●   
  • Tim Tabur Kejagung Berhasil Mengamankan DPO Perkara Korupsi Terpidana Syarif Abdullah   ●   
  • Subsatgas PAM Objek OMB-LK Lakukan Pengamanan di 15 PPK Se-Pekanbaru Pada Rapat Pleno Rekapitulasi   ●   
Khairul Umam: 10 Desa Dapat Bantuan PJU PLTS dari Kemen ESDM Melalui Anggota Komisi 7 Tifatul Sembiring bersama PKS
Rabu 06 Desember 2023, 20:33 WIB
Foto: Khairul Umam

Jetsiber.com - BENGKALIS - Sebanyak10 desa di 4 kecamatan di Kabupaten Bengkalis mendapatkan bantuan penerangan jalan umum pembangkit listrik tenaga Surya (PJU PLTS) dari Kementerian. ESDM RI yang saat ini dalam proses survei oleh tim kementerian.


Sebenarnya bantuan ini merupakan usulan dari anggota Komisi 7 DPR RI Tifatul Sembiring untuk Provinsi Sumatra Utara (Sumut) dan Ustaz Munif dari DPP PKS sebanyak 650 titik, namun atas permintaan dari Ketua DPRD Bengkalis H Khairul Umam bantuan itu dialihkan ke Kabupaten Bengkalis sebanyak 50 titik.

"Ya, hari ini kita melakukan survei lapangan dan setelah itu PJU oleh tim teknis langsung dipasang sebanyak 50 titik di empat kecamatan di Bengkalis," ujar Dwi Atmaja, salah seorang tim dari Kementerian ESDM kepada Wartawan di Bengkalis, Rabu (06/12/23).

Ia menyebutkan, sebenarnya untuk Kabupaten Bengkalis tahun 2023 ini tidak mendapatkan bantuan pemasangan baru PJU dari Kemen ESDM, namun ini karena program aspirasi dari anggota DPR RI Tifatul Sembiring, maka dari 650 titik untuk Sumit diberikan ke  Bengkalis sebanyak 50 titik.

Sementara itu, Ketua DPRD Bengkalis H Khairul Umam juga mengatakan, proyek ini merupakan usulan dari Tifatul Sembiring dan Ustad Munif anggota DPR RI  dan Dewan Pengurus Pusat  Partai Keadilan Sejahtera (DPP PKS), sehingga perjuangan aspirasi ini dapat berjalan dengan baik.

Khairul Umam yang juga Ketua DPD PKS Bengkalis mengatakan, ikut memperjuangkan dana pusat melalui anggota Komisi 7 DPR RI Tifatul Sembiring bersama DPP PKS, maka usulan yang disampaikan  belum sampai 2 bulan sudah disetujui dari Kemen ESDM.

"Tentu usulan ini juga dari 10 desa, sehingga proses administrasinya cepat. Tentu ke depan kita akan terus memprogramkan pemasangan PJU ini agar jalanan di Kabupaten Bengkalis ini terang benderang," ujarnya.

Khairul Umam juga merinci, dari 10 desa yang mendapatkan bantuan PJU PLTS ini adalah Desa Senggoro Kecamatan Bengkalis 5 titik, Desa Lubuk Garam Kota Raja Kecamatan Siak Kecil masing-masing desa 5 titik. Juga Desa Tanjung Leban dan Bukit Kerikil Kecamatan Bandar Laksamana 10 titik.

"Lima desa lainnya yakni Desa Darul Aman, Teluk Lecah, Pangkalan Pinang, dan Desa Makruh Kecamatan Rupat masing-masing 5 titik, dan lima titik lagi di Desa Suka Damai Kecamatan Rupat Utara. Jadi total PJU yang akan dipasang sebanyak 50 titik," ujarnya.(rls)




Editor : TR
Kategori : Bengkalis
Untuk saran dan pemberian informasi kepada Redaksi JETSIBER.COM,
silakan kontak ke email: redaksi.jetsiber@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 



Scroll to top