Jumat, 14 Juni 2024

Breaking News

  • Rutan Pekanbaru Ikuti Penyelenggaraan Pelatihan Kader Kesehatan Bagi WBP Dukungan Global Fund TB-HIV   ●   
  • Direktur LPW - PJC Bengkalis Beserta Pengurus Serahkan Berkas Kepengurusan ke Kesbangpol   ●   
  • LSM KPB Segera Laporkan Kegiatan Turap Simpang Logo Sorek l Wilayah ll Jalan Nasional   ●   
  • Kejaksaan Agung Memeriksa 10 Orang Saksi Terkait Perkara Komoditi Emas   ●   
  • Kejaksaan Agung Memeriksa 1 Orang Saksi Terkait Perkara Impor Gula PT SMIP   ●   
Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Kemendikbud Utamakan Perencanaan Berbasis Data
Senin 18 September 2023, 09:39 WIB
Plt. Direktur SMA Kemendikbudristek Winner Jihad Akbar.jpg

Jetsiber.com-Jakarta-Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI mengutamakan perencanaan berbasis data (PBD) sebagai alat yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan agar lebih terarah, efektif, dan berkesinambungan.


Pendekatan perencanaan berbasis data merupakan serangkaian langkah yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, sesuai dengan kebutuhan dari berbagai satuan pendidikan di beragam wilayah.

“Proses ini didasarkan pada data yang dikumpulkan dari rapor pendidikan yang menjadi dasar utama untuk menentukan prioritas dalam upaya perbaikan atau pengembangan pendidikan di setiap daerah,” ujar Plt. Direktur SMA Kemendikbudristek Winner Jihad Akbar di Jakarta, dilansir TBNews, Senin (18/9/23).

Perencanaan berbasis data memanfaatkan beragam informasi, termasuk data dari hasil asesmen nasional yang sudah berjalan selama tiga tahun terakhir.

Sementara platform rapor pendidikan memiliki data yang mencakup informasi dari rapor pendidikan daerah dan rapor pendidikan satuan pendidikan di seluruh jenjang. Mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, hingga SLB.

Rapor pendidikan dapat dimanfaatkan satuan pendidikan dan dinas pendidikan dalam mengidentifikasi pencapaian dan akar masalah pendidikan termasuk muncul dan tren yang mempengaruhi prestasi siswa.

Penerapan rapor pendidikan dan perencanaan berbasis data daerah juga berpotensi untuk meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan efisiensi serta memberikan dasar lebih kokoh untuk pengambilan keputusan berkelanjutan dalam upaya peningkatan pendidikan.

"Tiga langkah dalam perencanaan berbasis data menggunakan rapor pendidikan yaitu melalui eksplorasi dasbor pada platform rapor pendidikan, mengunduh rekomendasi PBD dan menggunakan laporan dari rapor pendidikan," tutur Plt. Direktur SMA Kemendikbudristek Winner.

Untuk itu, Kemendikbudristek, ungkap Plt. Direktur SMA Kemendikbudristek Winner, telah berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk memaksimalkan PBD  dari rapor pendidikan salah satunya adalah kemitraan dengan Kemendagri RI.




Editor : TR
Kategori : Nasional
Untuk saran dan pemberian informasi kepada Redaksi JETSIBER.COM,
silakan kontak ke email: redaksi.jetsiber@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


Scroll to top