Jumat, 22 September 2023

Breaking News

  • Dukung UMKM Go Online, Menteri Budi Arie: Kominfo Siapkan Pendampingan   ●   
  • Kapolda Papua Akan Kirim Brimob ke Oksibil untuk Atasi Gangguan KKB   ●   
  • Bupati Kasmarni Tutup Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan XIl   ●   
  • Pelaksanaan TMMD, Bupati Kasmarni Minta Warga Ikut Wujudkan Akselerasi Pembangunan Desa   ●   
  • Bupati Kasmarni dan Pimpinan DPRD Bengkalis Tandatangani MoU Perubahan KUA-PPAS   ●   
Kemensos Beri Layanan Orientasi Lingkungan untuk Bantu Penyandang Disabilitas Netra
Selasa 29 Agustus 2023, 07:57 WIB
Bantu Penyandang Disabilitas Netra.jpg

Jetsiber.com - Jakarta - Kementerian Sosial melalui Sentra Terpadu Pangudi Luhur (STPL) Bekasi memberikan layanan orientasi lingkungan untuk membantu penyandang disabilitas sensorik netra meningkatkan akses terhadap lingkungan sosialnya.


“Tujuan orientasi lingkungan ini agar penerima manfaat mampu melakukan aktivitas secara mandiri seperti ke toilet, ke dapur untuk mengambil makanan, dan ke berbagai fasilitas yang ada di STPL tanpa harus tergantung pada orang lain," ujar Instruktur Orientasi Lingkungan STPL Ferdo Suhantono dalam keterangannya diterima di Jakarta, Senin (28/8/23).

Ferdo mengatakan satu tantangan mendasar bagi penyandang disabilitas sensorik netra adalah kemampuan mereka melakukan pengenalan lingkungan. Mereka terkendala mengenali obyek di sekitar lantaran tak berfungsinya kemampuan visual.

Akibatnya, mereka bisa menabrak obyek di lingkungan sekitar, dan menghambat mobilitas mereka. Untuk itu mereka membutuhkan bimbingan bagaimana mengoptimalkan panca indera lain, sehingga membantu meningkatkan mobilitas.

Ferdo menargetkan nantinya penyandang disabilitas sensorik netra mampu melakukan perjalanan sendiri sesuai tujuan yang diinginkan.

"Secara praktis orientasi lingkungan ini menggunakan metode lima M, yaitu meraba, mendengar, merasa, mencium dan melihat," ungkap Ferdo.(TBNews)




Editor : lelimaslina
Kategori : Ekonomi
Untuk saran dan pemberian informasi kepada Redaksi JETSIBER.COM,
silakan kontak ke email: redaksi.jetsiber@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 



Scroll to top