Kamis, 18 Juli 2024

Breaking News

  • Sambut HBA ke-64 dan HUT IAD ke-XXIV 2024, Kejati Riau dan IAD Riau Gelar Bakti Sosial   ●   
  • Team Direktorat Binmas Polda Riau Gencar Sosialisasi dan Kampanye Anti Narkoba   ●   
  • Kapuspenkum Dr. Harli Siregar Sambangi Dapur Redaksi Media TEMPO   ●   
  • JAM-Datun Membuka FGD Sejarah Kejaksaan Peringati Hari Bhakti Adhyaksa ke-64 2024   ●   
  • Jaksa Agung Mendukung Pembentukan Satgas Pengawasan Barang Tertentu Tata Niaga Impor   ●   
SMP IT Assajadah Gelar Berbagai Lomba Antar Santriwan/wati Edisi Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H
Senin 24 Juli 2023, 08:18 WIB
lombatahunbaruislam.jpg.

Jetsiber.com - Pekanbaru - SMP IT As-sajadah Jalan Kubang Raya RT 02 RW 03, samping Mesjid As-sajadah, Kecamatan Tuah Madani, Kota Pekanbaru, Riau gelar berbagai perlombaan Untuk  Santriwan/wati dalam agenda tahun baru 1 Muharram 1445 H.

Rusdi Gunawan,S,pd.selaku Wakil Kepala sekolah saat di konfirmasi media Jetsiber.com mengatakan bahwa dalam memperingati 1 Muharram 1445 SMP IT Assajadah melakukan kegiatan perlombaan yang diadakan oleh Osis sekolah untuk seluruh santriwan/wati.

" kegiatan ini di taja oleh Osis dan seksi bidang keagamaan,untuk perlombaan sendiri diikuti oleh seluruh santriwan/santriwati Assajadah."ungkap Rusdi gunawan.Senin (24/7/2023).

Adapun acara di mulai pada tanggal 19 - 24 juli 2023,acara pembukaan dimulai pada hari Rabu tanggal 19 juli 2023, dimulai dari pembacaan kitab maulid Adhiya'Ulami oleh majelis Guru dan diikuti oleh santriwan/wati SMP IT Assajadah.

Setelah pembacaan kitab Maulid Adhiya' Ulami acara dilanjutkan dengan ceramah agama oleh kepala Sekolah SMPIT Assajadah  Afdal .,SE.,M,Pd  tentang  makna tahun baru Islam.

Dalam ceramahnya kepsek mengatakan bahwa makna dari tahun baru Islam setiap tanggal 1 Muharram akan menjadi momen hijrah atau perpindahan dari keburukan menjadi kebaikan.

Ia menjelaskan jika peringatan 1 Muharram dapat dijadikan pengingat evaluasi diri dari kekurangan kita sebagai manusia biasa yang kadar keimanannya yang sering naik dan turun.

Selain kepsek Afdal.,SE.,M.Pd  yang juga merupakan kepala Yayasan SMP IT Assajadah menjelaskan dalam ceramahnya  bahwa tujuan dan fadhilah pembacaan maulid Adhiya ulami agar kita menjadi Insan yang cinta dengan Rasulullah S.A.W. salah satunya dengan memperbanyak bersholawat kepada baginda Rasulullah.S.A.W.

Selanjutnya Wakil kepsek Rusdi gunawan  menyampaikan bahwa acara peringatan 1 Muharram 1445 dilanjutkan keesokan harinya dengan agenda berbagai macam perlombaan antar santriwan/wati,kegiatan lomba diadakan  pada hari jum'at  (21/7/2023)

Adapun jenis perlombaan yang di adakan yaitu lomba Adzan,lomba Tahfidz juz 30,lomba Tilawah,lomba Dai/pidato,lomba sholawat,lomba Ranking,lomba tebak kata.

Rusdi Gunawan merasa bersyukur meski baru berdiri memasuki tahun kedua,santriwan/santriwati sekolah SMP IT Assajadah sudah mulai menampakan kader kader yang terbaik dengan mengikuti berbagai ajang perlombaan baik itu tingkat sekolah, kabupaten bahkan untuk tingkat Provinsi.

"Alhamdulillah,meskipun sekolah kita baru dua angkatan yakni kelas 7 dan 8, namun saya lihat antusias santriwan/santriwati untuk mengikuti berbagai kegiatan dan perlombaan pada 1 Muharram 1445 H ini sangat lah tinggi,bahkan bakat santriwan/wati pun diasah dengan mengikuti berbagai tournament dan perlombaan salah satu santriwan kita Muhammad Muzava, siswa kelas 7.2 pernah berhasil menggondol medali emas tournament seleksi kejuaraan catur tingkat Provinsi Riau yang diselenggarakan di Kota Pasir Pangaraian, Rokan Hulu." Ucap Rusdi.

Ketika ditanya terkait program unggulan SMP IT As-sajadah, Rusdi Gunawan menjelaskan bahwa Assajadah mempunyai program-program unggulan terkait pembelajaran antara lain Program Tahfidz dan Tahsin, SMP IT dengan biaya termurah dan fasilitas terbaik dengan memiliki mesjid megah 2 lantai ber-AC, ruang belajar full AC dan menyediakan kelas khusus tahfidz.

" Sekolah kami ini menerapkan kurikulum dari dinas pendidikan dan mengadopsi kurikulum pondok pesantren dikombinasikan siang hari belajar materi SMP dan pada siang hari sampai sore belajar agama dari mulai tahfiz, tahsin, SKI, fiqih, aqidah dan akhlak, dengan cara belajar full day”, tambahnya.

Rusdi beharap kedepan nya agar SMP IT Assajadah semakin maju dan berkembang dan berharap santriwan/wati lulusan Assajadah dapat menjadi anak yang berakhlak dan berimtaq.

"Mudah mudahan dengan kegiatan 1 Muharram ini dapat meningkatkan minat dan motivasi santriwan/wati terhadap kegiatan berbasis keagamaan ,dan setiap tahun nya peringatan tahun baru Islam 1 Muharram dapat dilaksanakan,dan diharapkan terutama motivasi dan semangat dari para guru jangan pernah luntur.tutup Rusdi.




Editor : lelimaslina
Kategori : Pekanbaru
Untuk saran dan pemberian informasi kepada Redaksi JETSIBER.COM,
silakan kontak ke email: redaksi.jetsiber@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


Scroll to top