Minggu, 26 Mei 2024

Breaking News

  • Indonesia Indicator: Polri Ikut Andil Suksesnya World Water Forum   ●   
  • SMPN 4 Pekanbaru Gelar Perpisahan Siswa Kelas IX Angkatan 2023/2024   ●   
  • Jaksa Agung Terbitkan SK Rotasi Jabatan Terhadap Sejumlah Pejabat Eselon II dan Eselon III   ●   
  • JAM-Intelijen Hadiri Rapat Kerja Dengan DPD RI Membahas Penegakan Hukum di Daerah   ●   
  • Penyelenggaraan World Water Forum di Bali Berjalan Aman dan Sukses, Polri Ucapkan Terima Kasih   ●   
Setelah Waras WNA Bugil Di Pentas Tari Bali Bakal Dideportasi
Jumat 26 Mei 2023, 16:02 WIB
ilustrasi.jpg

Jetsiber,com - Bali - Darja Tuschinski, Seorang perempuan warga negara Jerman viral di media sosial akibat aksinya menerobos panggung sebuah pertunjukan tari Bali dengan kondisi bugil, Senin (22/5/2023).


Melansir dari Detik Bali, warga negara asing (WNA) berusia 28 tersebut ternyata bukan pertama kali menginjakkan kaki di Bali. Pada 2019, Tuschinski tercatat pernah berkunjung ke Pulau Dewata dengan Visa on Arrival (VoA). Lalu, ia kembali mengunjungi Bali menggunakan visa serupa pada 5 Maret 2023.

 

Kepala Divisi Imigrasi Kanwil Kemenkumham Bali, Barron Ichsan, mengatakan bahwa Tuschinski tidak memiliki catatan hitam apapun selama di Bali. Meskipun demikian, Barron menyebutkan bahwa Tuschinski bisa saja dideportasi. Menurutnya, bila Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Bangli menyatakan bahwa Tuschinski sehat maka Imigrasi Indonesia bakal memulangkannya ke negara asal.

 

"Bisa saja (dideportasi) selama kondisinya sehat. Bergantung bagaimana hasil rekomendasinya nanti," ujar Barron, dikutip Jumat (26/5/2023).

 

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Denpasar, Tedy Riyandi, mengatakan bahwa WNA perempuan asal Jerman itu akan dijemput oleh keluarga untuk kembali ke negara asalnya. Ia menyebutkan, Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian (Interdakim) Denpasar juga telah berkoordinasi dengan RSJ Bangli, tempat Tuschinski dirawat.

 

"Saat ini, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar belum bisa menindak karena yang bersangkutan terindikasi dalam gangguan kejiwaan," terang Tedy.

 

Sebelumnya, Tuschinski melakukan aksi tidak senonoh di Puri Saraswati Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. Berdasarkan video yang beredar di media sosial, WNA tersebut terlihat menaiki panggung dan merusak pintu stage pura dengan kondisi tidak menggunakan pakaian saat penampilan tari Bali tengah berlangsung.

 

Kapolres Kabupaten Gianyar, AKBP Ketut Widiada, mengatakan bahwa Tuschinski stres karena kehabisan uang. Akibatnya, ia tidak bisa membayar biaya penginapan dan pulang ke negaranya.

 




Editor : lelimaslina
Kategori : Lifestyle
Untuk saran dan pemberian informasi kepada Redaksi JETSIBER.COM,
silakan kontak ke email: redaksi.jetsiber@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 



Scroll to top