Rabu, 17 Juli 2024

Breaking News

  • Sambut HBA ke-64 dan HUT IAD ke-XXIV 2024, Kejati Riau dan IAD Riau Gelar Bakti Sosial   ●   
  • Team Direktorat Binmas Polda Riau Gencar Sosialisasi dan Kampanye Anti Narkoba   ●   
  • Kapuspenkum Dr. Harli Siregar Sambangi Dapur Redaksi Media TEMPO   ●   
  • JAM-Datun Membuka FGD Sejarah Kejaksaan Peringati Hari Bhakti Adhyaksa ke-64 2024   ●   
  • Jaksa Agung Mendukung Pembentukan Satgas Pengawasan Barang Tertentu Tata Niaga Impor   ●   
Pendidikan
Disdik Riau: Mendaftar Jalur Afirmasi Bosda Sekolah di SMA/SMK Swasta, Pemprov Riau Akan Biayai Sampai Tamat
Jumat 28 Juni 2024, 07:42 WIB
Photo: Roni Rakhmat, Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau

Jetsiber.com - PEKANBARU - Mulai tahun ini Pemprov Riau akan memebrikan bantuan biaya pendidikan gratis bagi anak-anak SMA/SMK di Riau yang mendaftar melalui jalur Afirmasi Bosda. Pra orangtua tidak perlu lagi khawatir soal biaya anak-anak sekolah di SMA/SMK swasta.

Hal itu ditegaskan Plt Kadisdik Riau, Roni Rakhmat menjawab media, Rabu (27/06/24) di Pekanbaru.

“Para orangtua tidak perlu lagi khawatir akan biaya pendidikan menyekolahkan anaknya di SMA dan SMK swasta tahun 2024 ini. Karena Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto sudah mengeluarkan kebijakan berupa Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 2 Tahun 2024, tentang Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda) Afirmasi,” kata Roni.

Dijelaskan Plt Kadisdik Riau, kebijakan tersebut dibuat sebagai upaya Pemprov Riau mengakomodir calon siswa yang tidak tertampung di SMA/SMK Negeri pada PPDB tahun 2024.

Sedikitnya ada 2.438 orang calon siswa bisa diterima melalui jalur Afirmasi Bosda Riau ini. Pemprov Riau telah menyiapkan anggaran lebih kurang Rp3,9 miliar untuk biaya sekolah calon siswa gratis sampai tamat.

“Jadi anak-anak tetap bisa bersekolah yang tidak tertampung di sekolah negeri. Karena daya tampung sekolah negeri juga terbatas. Selain itu, kita juga ingin sekolah swasta bisa tumbuh dan berkembang,” kata Roni lagi.

Roni juga menyampaikan, kebijakan tersebut dilakukan agar para calon siswa yang tidak tertampung di SMA/SMK negeri masih bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang SMA/SMK yang dibiayai oleh Pemprov Riau sampai tamat alias gratis tanpa pungutan biaya apapun.

Untuk jadwal penerimaan calon PPDB SMA/SMK Swasta jalur Afirmasi Bosda Riau ini dibuka sehari setelah PPDB SMA/SMK Negeri diumumkan.

“Kalau Pengumuman PPDB SMA/SMK Negeri Riau itu tanggal 1 Juli 2024, maka setelah itu tanggal 2 sampai 5 Juli 2024 kita buka  jalur Afirmasi Bosda PPDB SMA/SMK swasta. Karena saat ini sampai 29 Juni 2024, kita masih melakukan pendaftaran PPDB SMA/SMK Negeri Riau,” tambahnya.

Untuk diketahui, daya tampung SMA/SMK negeri di Riau hanya sebanyak 92.965 siswa atau 76,53 persen dari tamatan SMP sederajat sebanyak 121.475 siswa.(rilis)




Editor : L.SIREGAR
Kategori : Pekanbaru
Untuk saran dan pemberian informasi kepada Redaksi JETSIBER.COM,
silakan kontak ke email: redaksi.jetsiber@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


Scroll to top