Rabu, 17 Juli 2024

Breaking News

  • Sambut HBA ke-64 dan HUT IAD ke-XXIV 2024, Kejati Riau dan IAD Riau Gelar Bakti Sosial   ●   
  • Team Direktorat Binmas Polda Riau Gencar Sosialisasi dan Kampanye Anti Narkoba   ●   
  • Kapuspenkum Dr. Harli Siregar Sambangi Dapur Redaksi Media TEMPO   ●   
  • JAM-Datun Membuka FGD Sejarah Kejaksaan Peringati Hari Bhakti Adhyaksa ke-64 2024   ●   
  • Jaksa Agung Mendukung Pembentukan Satgas Pengawasan Barang Tertentu Tata Niaga Impor   ●   
Kakanwil Kemenkumham Riau Hadiri Upacara Hari Lahir Pancasila Yang Dipimpin Presiden RI di Dumai
Senin 03 Juni 2024, 06:31 WIB
Photo: Budi Argap Situngkir, Kakanwil Kemenkumham Riau Saat Menghadiri Upacara Hari Lahir Pancasila di Kota Dumai

Jetsiber.com - DUMAI - Sebagai bangsa yang majemuk, Pancasila beserta nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara. Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk Bangsa Indonesia sebab didalamnya terkandung nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”.

Upacara Hari Lahir Pancasila tingkat nasional dipusatkan di Lapangan Garuda Hulu Rokan, Kota Dumai Provinsi Riau. Inspektur Jenderal Reynhard Silitonga, yang mewakili Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly, Plh. Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI Min Usihen, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau Budi Argap Situngkir mengikuti Upacara Hari Lahir Pancasila ini secara langsung di lapangan Garuda Hulu Rokan dengan khidmat, Pada Sabtu (01/06/24).

Presiden Joko Widodo yang menjadi Inspektur Upacara berpesan dalam pidatonya bahwa Indonesia harus terus memperkuat kemandirian ekonomi, mengelola aset strategis untuk kesejahteraan rakyat, dan memperjuangkan perdamaian dunia.

Kehadiran Pancasila diharapkan menjadi panduan dalam menjaga keutuhan bangsa. Dengan panduan Pancasila, menjadikan Indonesia tetap kokok dan mandiri, berdikari membangun ekonominya.

"Termasuk melalui industrialisasi di dalam negeri dan melalui hilirisasi di berbagai sektor. Kita harus menjamin kekayaan negara sepenuhnya untuk kemakmuran rakyat kita. Juga harus aktif mengambil kembali aset-aset strategis bangsa, kita kelola dan manfaatkan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat," ujar Jokowi yang mengenakan pakaian adat Melayu Riau.

"Salah satunya adalah Blok Rokan di Riau ini, Tempat yang kita pakai untuk lokasi upacara peringatan hari lahir Pancasila, Merupakan blok migas paling produktif dalam sejarah perminyakan Indonesia," tambah Jokowi.

"Tambah Prsesiden, Saya mendapat laporan tadi pagi dari Pertamina bahwa produksi di blok Rokan sudah mencapai 162.000 barel per hari ini. Lebih tinggi dari saat dikelola oleh Chevron dan merupakan 25% dari seluruh produksi nasional Indonesia," terang nya.

Dalam upacara Hari Lahir Pancasila tersebut turut hadir Menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju seperti Menko PMK Muhadjir Effendy, Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, Mensesneg Pratikno, Mendagri Tito Karnavian, Menlu Retno Marsudi, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.(**)




Editor : L.SIREGAR
Kategori : Dumai
Untuk saran dan pemberian informasi kepada Redaksi JETSIBER.COM,
silakan kontak ke email: redaksi.jetsiber@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


Scroll to top