Jumat, 14 Juni 2024

Breaking News

  • Rutan Pekanbaru Ikuti Penyelenggaraan Pelatihan Kader Kesehatan Bagi WBP Dukungan Global Fund TB-HIV   ●   
  • Direktur LPW - PJC Bengkalis Beserta Pengurus Serahkan Berkas Kepengurusan ke Kesbangpol   ●   
  • LSM KPB Segera Laporkan Kegiatan Turap Simpang Logo Sorek l Wilayah ll Jalan Nasional   ●   
  • Kejaksaan Agung Memeriksa 10 Orang Saksi Terkait Perkara Komoditi Emas   ●   
  • Kejaksaan Agung Memeriksa 1 Orang Saksi Terkait Perkara Impor Gula PT SMIP   ●   
Inilah 9 Manfaat Jeruk Purut untuk Kesehatan Tubuh
Selasa 21 Mei 2024, 11:05 WIB
Ilustrasi

Jetsiber.com - PEKANBARU - Jeruk purut merupakan buah abuahan yang mempunyai beberapa kandungan nutrisi yang ada di dalam jeruk purut meliputi karbohidrat, protein, serat, vitamin C, vitamin B6, zat besi, kalsium, kalium, potassium, fosfor, dan magnesium, karena juga mempunyai kandungan seperti alkaloid, limonene, nerol dan citrobellol yang merupakan senyawa bioaktif dan bersifat antioksidan, antiinflamasi dan antibakteri.

Berikut beberapa manfaat jeruk purut ini untuk kesehatan tubuh:

1. Meningkatkan kesehatan sistem pencernaan
Jeruk purut mempunyai kandungan senyawa limonene, nerol, dan citronellol sebagai anti inflamasi sehingga bisa membantu meredakan masalah pada sistem pencernaan, mulai dari sembelit atau perut kembung.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Jeruk purut mengandung senyawa bioaktif seperti citronellol dan vitamin C yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh., karena memilikin sifat antioksidan tinggi untuk melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan penurunan kinerja sistem kekebalan tubuh.

3. Menjaga kesehatan darah
Jeruk purut bisa menghasilkan minyak ekstrak yang sering dijadikan berbagai ramuan herbal untuk menjaga kesehatan darah dan menghilangkan patogen yang bisa menular melalui darah.

4. Menjaga kesehatan mulut
Gangguan pada mulut seperti gusi bengkak, gigi berlubang, dan bau mulut dapat terjadi karena infeksi bakteri. Jeruk purut ini bisa membantu meningkatkan kesehatan rongga mulut dan juga membuat mulut Anda terasa bersih dan segar.

5. Mengurangi peradangan
Jeruk purut sering digunakan sebagai obat herbal yang efektif salah satunya mengurangi peradangan mulai dari rematik, radang sendi, asam urat, edema.
Kalian bisa mengaplikasikan air perasan, daun, dan ekstrak minyaknya pada area yang mengalami ketidaknyamanan atau sakit.

6. Menjaga kesehatan kulit
Jeruk purut merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin C tinggi. Vitamin C ini bisa membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. karena memiliki kandungan antioksida yang membuat jeruk purut dapat memperlambat kerusakan sel serta meminimalkan munculnya tanda penuaan kulit. Mulai dari keriput, bintik-bintik, noda atau jerawat.

7. Meredakan stress
Tidak hanya untuk menjaga kesehatan fisik tubuh namun jeruk purut juga bisa membantu untuk meredakan stress. Menggunakan minyak esensial yang memiliki aroma daun jeruk bisa membantu menghilangkan stress dan kecemasan.

8. Menjaga kesehatan jantung
Manfaat jeruk purut lainnya adalah menjaga kesehatan jantung Anda karena memiliki sifat anti inflamasi. Sifat anti inflamasi ini mampu melindungi jantung dan pembuluh darah Anda dari peradangan.
Selain itu, kandungan serat yang terdapat dalam jeruk purut bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat sehingga mampu mengontrol tekanan darah.

9. Mengurangi gejala migrain/sakit kepala
Jeruk purut dikenal efeknya yang sangat aromatik. Hal ini yang bisa membantu Anda untuk meredakan gejala migrain atau sakit kepala.(TBNews/Red)




Editor : Redaksi
Kategori : Lifestyle
Untuk saran dan pemberian informasi kepada Redaksi JETSIBER.COM,
silakan kontak ke email: redaksi.jetsiber@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


Scroll to top