Minggu, 29 Januari 2023

Breaking News

  • Mantan Kejari Kuansing Gagal Jadi Aspidsus Kejati Riau,Itu Belum Rejeki Saya   ●   
  • Cicak vs. Buaya Lagi, Kuasai Harta Waris Keponakan, Pengusaha Sawit 800 ha Menggugat Keponakan Sendiri   ●   
  • Merpati Putih Gelar Sarasehan Akbar Nasional 2023   ●   
  • Wali Kota Padang Sidempuan, Irsan Efendi Nasution, SH, MM hadiri Seminar Parenting Ke- XX Yayasan Pendidikan Bina Ul-Ummah (SIT) Bunayya   ●   
  • Ditipu Mantan Kades Terbangiang, Petani Saridi Minta Bantuan Hukum Ke JMSI Pelalawan   ●   
Bappeda Kampar Gelar FKP Ranwal RKPD 2024
Sabtu 10 Desember 2022, 15:11 WIB

BANGKINANG KOTA, Jetsiber.com -Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kampar menggelar Forum Konsultasi Publik (FKP) Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Kampar Tahun 2024, yang digelar di Balai Bupati Kampar, Jumat (9/12/2022).


Acara ini dihadiri PJ Bupati Kampar DR. H. Kamsol, MM, Tim Ahli Pusat Kajian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Universitas Islam Riau DR. Azhar Amin dan Prof. DR. Detri Karya, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Kampar Zulfan Azmi, ST, MT, Forkopimda , Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD,  Camat, Ketua KPU Kabupaten Kampar Maria Aribeni, Ketua Bawaslu Kampar Syawir Abdullah, Pimpinan BUMD, Perbankan dan Perusahaan dilingkungan Kabupaten Kampar, pimpinan perguruan tinggi, organisasi kemasyarakatan, kelompok paguyuban dan undangan lainnya.

PJ Bupati Kampar DR. H. Kamsol, MM  pada kesempatan tersebut menyampaikan tentang Arah Kebijakan Pembangunan Daerah Kabupaten Kampar tahun 2024  yang meliputi, Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia, Bidang Perekonomian dan Sumber Daya Alam, Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan.

Bupati juga menyampaikan bahwa pada tahun 2024 ini adalah tahun politik yang di tandai dengan adanya agenda pemilihan legislatif, Presiden dan Wakil Presiden,  Pemilihan Gubernur Bupati, Walikota secara serentak. Oleh sebab itu  arah kebijakan pembangunan 2024 juga harus mendukung agenda politik ini. "Kita harus mensukseskan agenda politik ini," ujar Bupati.

Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Ardi Mardiansyah, S.STP, M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa diantara tujuan digelarnya Forum Konsultasi Publik Ranwal RKPD Kabupaten Kampar tahun 2024 ini adalah  menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan  tahun 2024 dengan menitik beratkan aspek teknokratis, menghimpun aspirasi para pemangku kepentingan terhadap prioritas dan sasaran pembangunan tahun 2024.

Sedangkan keluaran (hasil) dari pelaksanaan FKP Ranwal RKPD  Kabupaten Kampar Tahun  2024 ini adalah kesepakatan tentang arah dan kebijakan pembangunan yang menjadi masukan utama untuk memutakhirkan Rancangan Awal RKPD Tahun 2024 yang meliputi Rencana Program Prioritas dan Kegiatan Prioritas Daerah dan Berita Acara Kesepakatan Forum Konsultasi Publik Ranwal RKPD Kabupaten Kampar Tahun 2024.

Sementara itu Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Kampar Zulfan Azmi, mewakil Ketua DPRD Kabupaten Kampar Muhammad Faisal, ST menyampaikan pokok-pokok pikiran DPRD Kabupaten Kampar. "Sesuai sumpah janji Anggota DPRD bahwa anggota DPRD akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang diwakili," ujarnya.

Ada beberapa bidang pembangunan yang menjadi penekanan oleh Zulfan dalam pokok pokok pikiran DPRD Kampar yakni bidang pendidikan  yang meliputi kelayakan ruangan belajar, pemerataan penempatan guru, dan reward bagi guru berprestasi. Bidang Kesehatan peningkatan kualitas kesehatan di Kabupaten Kampar, bidang infrastruktur percepatan pembangunan Desa Tertinggal, Peningkatan Penataan Ibukota Kabupaten Kampar, dan peningkatan utilitas perumahan.

Tim Ahli dari Universitas Islam Riau DR. Azhar Amin menyampaikan materi.tentang Rancangan Awal RKPD Kabupaten Kampar Tahun 2024. Ranwal ini memuat visi misi dan arah kebijakan, gambaran umum kondisi daerah, kerangka ekonomi dan keuangan tahun 2016-2021 dan proyeksi 2024, rumusan permasalahan pembangunan Kabupaten Kampar Tahun 2024.

Selanjutnya tujuan dan sasaran RKPD Tahun 2024, Strategi dan arah kebijakan RKPD Tahun 2024, Penelaahan pokok pokok pikiran DPRD Kabupaten Kampar, Prioritas Pembangunan Daerah RKPD Tahun 2024, Rencana Program Kerja dan pendanaan RKPD Tahun 2024.

Diakhir kegiatan di tandai dengan penandatangan berita acara kesepakatan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kabupaten Kampar Tahun 2024 oleh PJ Bupati Kampar, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Kampar Zulfan Azmi, ST, MT dan  Perwakilan peserta Forum Konsultasi Publik, salah satunya DR. Hj. Molly Wahyuni, S.Si MPd yang mewakili unsur Perguruan Tinggi.

Pada kesempatan tersebut PJ Bupati Kampar Kamsol juga berkesempatan menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba Inovasi Daerah antar OPD tahun 2022. Juara I diraih Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Juara II Dinas Ketahanan Pangan dan juara III Dinas Perpustakaan dan Arsip. (Kiky)




Editor : Nur
Kategori : Nasional
Untuk saran dan pemberian informasi kepada Redaksi JETSIBER.COM,
silakan kontak ke email: redaksi.jetsiber@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


Scroll to top