Rabu, 17 Agustus 2022

Breaking News

  • PN Jaksel Jadwalkan Sidang Eks Pengacara Bharada E Pada September   ●   
  • Turnamen PUBG Mobile Piala Karang Taruna Koto Baru,Ini Juaranya!!!   ●   
  • Dir Pam Obvit Polda Riau Bersama Forkopimda Kabupaten Kuansing Mengikuti Kegiatan Vaksinasi Merdeka Secara Virtual   ●   
  • Kabar Gembira..!!!!Pj Wali Kota Pekanbaru Naikkan Honor Ketua RT-RW Rp100.000 Tahun Depan   ●   
  • Gebyar Vaksinasi Merdeka, Forkopimda Kampar Ikuti Vidcon Dengan Gubernur Dan Kapolda Riau   ●   
Tim KKN UNRI 2022 Adakan Eksperimen Sains Hingga Perkenalan Bahasa Inggris Di SDN 007 Sukadamai
Rabu 20 Juli 2022, 11:44 WIB

Riau, Jetsiber.com - Proses pembelajaran secara tatap muka sudah mulai diselenggarakan di SDN 007 Desa Sukadamai. Demi membentuk interaksi yang harmonis antar siswa Tim KKN UNRI melakukan kunjungan sekaligus penyampaian proses pembelajaran kepada Siswa/i. Adapun proses pembelajaran ini meliputi eksperimen sains, perkenalan dengan Bahasa Inggris, hingga membangun motivasi Siswa/i agar tetap giat belajar demi mencapai cita-cita.

Eksperimen sains dilakukan di kelas 5 dikarenakan kematangan anak-anak yang dinilai sudah memahami proses sains. Eksperimen ini dilakukan demi memberikan pemahaman pada anak-anak jika sains itu ilmu pengetahuan yang dapat memberikan manfaat di kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini eksperimen yang didemokan ialah koin terapung. Hal ini mencerminkan jika koin terapung  di dalam air karena adanya tegangan di permukaan air. Contoh kehidupan sehari-hari ialah adanya kapal yang terbuat dari besi dapat terapung di lautan yang luas. Eksperimen memberikan dampak pengetahuan yang positif bagi anak-anak untuk mempelajari sains dengan cara yang lebih menyenangkan.

Selain itu, perkenalan Bahasa Inggris pada Siswa/i ditujukan karena selama 3 tahun mereka tidak diajarkan Bahasa Inggris karena adanya perubahan kurikulum. Sehingga Siswa/i terlihat kesulitan untuk mengucapkan lafal dalam Bahasa Inggris. Tim KKN UNRI 2022 memberikan perkenalan melalui metode speaking dan writing yang dimulai dengan materi Introduction Your Self. Siswa/i nampak berantusias dengan adanya materi ini. Beberapa dari mereka bersemangat untuk maju lebih dahulu untuk memperkenalkan diri menggunakan Bahasa Inggris.

Adapun motivasi diberikan kepada Siswa/i SDN 007 dengan penyampaian secara menyenangkan melalui selingan permainan dan petikan hikmah dari kegiatan yang dilakukan. Motivasi dilakukan pada jenjang kelas 4 hingga 6 SD.

Rangkaian kegiatan ini dilakukan selama dua Minggu dari awal Juli hinggap pertengahan. Sehingga proses pembelajaran diharapkan dapat membentuk kecintaan Siswa/i pada pengetahuan dan semangat belajar untuk meraih cita-cita yang diinginkan.

Igah sebagai salah satu anggota Tim KKN UNRI 2022 yang memberikan demonstrasi terkait eksperimen sains menyampaikan jika  anak-anak di SDN 007 Sukadamai sangat bersemangat dalam melaksanakan eksperimen. Ia juga berharap jika eksperimen terus dilakukan di jenjang SD untuk menimbulkan kecintaan pada ilmu sains dari sejak dini.
SUMBER : KKN UNRI Suka damai




Editor :
Kategori : Lifestyle
Untuk saran dan pemberian informasi kepada Redaksi JETSIBER.COM,
silakan kontak ke email: redaksi.jetsiber@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


Scroll to top