Rabu, 17 Juli 2024

Breaking News

  • Sambut HBA ke-64 dan HUT IAD ke-XXIV 2024, Kejati Riau dan IAD Riau Gelar Bakti Sosial   ●   
  • Team Direktorat Binmas Polda Riau Gencar Sosialisasi dan Kampanye Anti Narkoba   ●   
  • Kapuspenkum Dr. Harli Siregar Sambangi Dapur Redaksi Media TEMPO   ●   
  • JAM-Datun Membuka FGD Sejarah Kejaksaan Peringati Hari Bhakti Adhyaksa ke-64 2024   ●   
  • Jaksa Agung Mendukung Pembentukan Satgas Pengawasan Barang Tertentu Tata Niaga Impor   ●   
Rutan Pekanbaru Ikuti Penyelenggaraan Pelatihan Kader Kesehatan Bagi WBP Dukungan Global Fund TB-HIV
Kamis 13 Juni 2024, 11:15 WIB
Photo: Rutan Kelas I Pekanbaru Ikuti Penyelengaraan Pelatihan Kesehatan

Jetsiber.com - PEKANBARU - Rumah Tahanan Negara Kelas I Pekanbaru Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau mengadakan pelatihan Kader Kesehatan Bagi Warga Binaan dalam rangka Dukungan Global Fund (GF) TB-HIV Direktorat Jenderal Pemasyarakatan yang berlangsung di Aula Rutan Pekanbaru dan diikuti oleh 20 Kader Kesehatan pada, Kamis (13/06/24).


Pada kesempatan ini 20 Orang Warga Binaan Pemasyarakatan Rutan Pekanbaru mengikuti pelatihan Kader Kesehatan guna meningkatkan pelayanan kesehatan di Rutan Pekanbaru. Kegiatan ini turut diawasi langsung oleh Direktorat Kesehatan Perawatan dan Rehabilitasi Direktorat Jenderal Pemasyarakatan melalui Zoom Meeting.

Pelatihan ini dihadiri oleh Plt Kepala Rutan Pekanbaru yang diwakilkan oleh Kepala Seksi Pelayanan Tahanan Heru Prabowo Adi Sastro, Kepala Subseksi Administrasi Perawatan Rizqi Putra Sandika dan Tim Medis Rutan Pekanbaru dr. Fransisca, dr. Rina, beserta staf.

Dalam pembukaannya Heru menyampaikan pengangkatan kader kesehatan ini adalah untuk membantu tenaga medis juga. Mereka juga pro aktif dan melakukan jemput bola mengecek warga binaan yang alami sakit, karena masih banyak warga binaan yang tidak mau menyampaikan keluhan kesehatannya.

Dr. Rina juga menambahkan Melalui pelatihan ini, kami berharap Kader Kesehatan dapat melakukan penanganan secara benar dan tepat saat terjadi peristiwa yang tidak terduga. Sehingga tidak meningkatkan faktor resiko kefatalan bagi korban.

Kegiatan dilanjutkan dengan pengisian form untuk melihat potensi yang ada pada kader kesehatan, dan dilanjutkan penyampaian materi oleh dr. Fransisca. Adapun materi yang disampaikan meliputi Informasi tentang TB-HIV, Hepatitis, Informasi Menular Seksual (IMS), serta tentang Kader Kesehatan.

Pada kesempatan yang sama Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau Budi Argap Situngkir mengatakan bahwa kegiatan pelatihan Kader Kesehatan ini dilakukan berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) baik di Lapas maupun Rutan.(**)




Editor : L.SIREGAR
Kategori : Pekanbaru
Untuk saran dan pemberian informasi kepada Redaksi JETSIBER.COM,
silakan kontak ke email: redaksi.jetsiber@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


Scroll to top